You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sering Picu Banjir, Saluran Phb PIK Akan Dikeruk
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Saluran PHB PIK akan Dikeruk

Warga meminta Saluran penghubung (PHB) PIK di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur segera dikeruk. Sedimentasi yang terjadi, membuat daya tampung saluran tersebut berkurang dan berakibat meluapnya air ke permukiman.

Kita akan koordinasi dengan kelurahan, kecamatan dan Sudin Tata Air Jakarta Timur. Karena setelah kita cek lokasi dan ditelusuri, akar permasalahannya banyak sekali

Ketua RW 13 Penggilingan, Bostam Hidayat mengungkapan, pada Jumat (21/10) lalu wilayahnya tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 50-70 sentimeter. Pemicunya, saluran tersebut tak mampu menampung debit air yang tinggi. Kejadian seperti ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya terjadi pada 2007 silam.

"Selama ini lingkungan kami tidak pernah tergenang. Tapi minggu kemarin hujan sebentar saja permukiman langsung tergenang. Kami minta agar Sudin Tata Air segera menindaklanjutinya," kata Bostam, Selasa (25/10).

Jl Cakung Cilincing Masih Tergenang

Terkait hal tersebut, Kepala Seksi Tata Air Kecamatan Cakung, Subandi mengatakan, setelah dilakukan pengecekan lapangan ternyata genangan di RW 13 disebabkan banyak faktor. Antara lain, terjadinya sedimentasi pada saluran PHB PIK. Semula kedalaman saluran Phb ini mencapai tiga meter namun kini hanya satu meter. Lebar eksisting saluran air sebenarnya sekitar 4-5 meter, namun belakangan banyak bangunan hingga saluran air menyempit tinggal dua meter.

"Kita akan koordinasi dengan kelurahan, kecamatan dan Sudin Tata Air Jakarta Timur. Karena setelah kita cek lokasi dan ditelusuri, akar permasalahannya banyak sekali," tandas Subandi.

Sebagai langkah awalnya, pihaknya akan melakukan pengerukan saluran PHB PIK secepatnya. Yakni sepanjang sekitar satu kilometer, mulai dari sisi barat Perumahan Taman Buaran Indah 4 hingga ke kawasan PIK, tepatnya di dekat kantor Kelurahan Penggilingan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1271 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1237 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1187 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1071 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye809 personFolmer